Senin, 10 Agustus 2015

7 Pilihan Buah-Buahan Yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil Trimester Pertama

Ibu hamil akan selalu membutuhkan makanan yang bergizi. Salah satunya adalah buah-buahan. Sebenarnya pada masa awal kehamilan, tidak diperkenankan sembarangan untuk memilih makanan termasuk buah. Ada buah-buah tertentu yang tidak boleh dimakan ketika hamil. Namun ada juga buah-buah yang sangat baik dikonsumsi saat hamil seperti apel, anggur, serta stroberi. Namun ada beberapa buah yang tidak baik dimakan ketika hamil, seperti buah delima, buah nanas dan buah durian. Ketiga buah tersebut dapat menyebabkan keguguran.  Oleh karena itu buah ini harus dihindari untuk dikonsumsi wanita hamil.
 

Sebenarnya buah delima sangat pas dikonsumsi untuk wanita yang tidak hamil karena dapat membantu diet dan mengurangi resiko diabetes, dan konon katanya dipercaya membantu menyembuhkan kanker. Namun jika dikonsumsi ibu hamil, jika dikonsumsi berlebih maka akan menyebabkan keguguran. Untuk amannya sebaiknya menghindari mengkonsumsi buah ini. Untuk trimester 2 anda bisa mengkonsumsi buah ini dalam jumlah yang sedikit.

Berikut Adalah Beberapa Buah Yang Cocok Dikonsumsi Oleh Ibu Yang Sedang Hamil Muda

Di dalam pembahasan ini kita akan mengupas lebih jauh lagi mengenai berbagai buah yang sangat baik dikonsumsi untuk ibu yang sedang hamil muda. Buah-buah berikut sangat direkomendasikan oleh ibu maupun janin yang ada di kandungan. Buah-buah tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Khasiat Buah Naga Untuk Ibu Hamil Muda

Buah naga saat ini mulai menjadi trend di Indonesia untuk dikonsumsi karena banyak sekali khasiat dan manfaatnya untuk tubuh. Salah satu manfaat terbaiknya adalah untuk ibu hamil.  Ibu  hamil biasanya sering memiliki dahak yang susah dikeluarkan. Buah naga terbukti bisa mengeluarkan dahak dahak pada ibu hamil tersebut. Selain itu buah naga sangat aman dikonsumsi oleh ibu hamil karena buah ini jarang mengandung pestisida. 
Baca Juga : 12 Khasiat Buah Naga Bagi Tubuh Yang Harus Anda Ketahui

Khasiat Apel Untuk Ibu Hamil

Buah yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil trimester pertama adalah apel. Kita semua mengetahui apel merupakan buah yang sangat populer di masyarakat kita. Buah ini tidak hanya rasanya yang lezat namun menurut penelitian, buah ini memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan manusia. Buah ini ternyata mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9 dan vitamin C yang sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil.

  Khasiat Buah Anggur Untuk Ibu Hamil

Buah anggur juga merupakan salah satu pilihan buah yang dianjurkan dikonsumsi untuk ibu yang sedang hamil muda.  Menurut penelitian, buah ini kaya akan antioksidan yang mempu mencegah penyakit kanker pada manusia. Selain itu terdapat kandungan yang membantu melancarkan metabolism tubuh dan sumber energy untuk ibu hamil yaitu polifenol dan resveratol. Buah ini rasanya lumayan manis dan tentunya banyak disukai oleh ibu hamil.

Khasiat Buah Cherry untuk Ibu Hamil

Buah cherry ukurannya seperti butiran jagung, namun ia memiliki teture yang lebih lemut dan rasanya sangat manis. Penelitian mengenai buah ini, didapat bahwa buah ini mengandung nutrisi yang jumlahnya 20 x dibanding dengan buah apel dan jeruk. Itulah sebabnya buah ini sangat direkomendasikan untuk ibu yang sedang hamil muda. Selain itu buah ini memperlancar perncernaan sang ibu dan membuat bayi jadi lebih sehat dan putih karena mengandung berbagai zat bermanfaat seperti zat besi, tembagam alium dan mangan serat berbagai kandungan zat lain yang bermanfaat untuk tubuh.

Khasiat buah Jambu Air untuk Ibu Hamil

Jambu air juga adalah salah satu buah yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Buah ini sangat banyak di temukan di asia tenggara.  Jambu air dipercaya sangat mempu membantu pencernaan yang pada ibu hamil dan juga membantu mengoptimalkan kinerja sel darah putih. Buah ini juga mengandung vitamin A dan C serta air yang membantu mengatatasi dehidrasi yang bagi yang meminumnya.  

Khasiat Buah Stroberi Untuk Ibu Hamil

Pasti semua mengetahui buah stroberi. Dari anak kecil sampai orang dewasa menyukai buah stroberi. Karena rasa buah ini sangat menyegarkan.  Menurut hasil penelitian, buah stroberi banyak mengandung vitamin K, vitamin C, B6 serta vitamin B5 sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain itu stroberi juga mengandung vitamin C yang sangat baik untuk menyegarkan kulit. Sehingga hal ini sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil pada trimester pertama. 
Baca Juga : Cara Langsing Dengan Diet Strawberry

Khasiat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

Jika ibu hamil sering merasa mual pada trimester pertama, konsumsi alpukat sangat baik untuk mengurangi mualnya ibu hamil.  Selain itu rasa buahnya yang lezat disertai kandungan vitamin hyang banya ternyata bermanfaat untuk perkembangan otan dan tulang belakang pada janin. Jika anda ingin calon anak anda cerdas, buah ini sangat tepat dikonsumsi karena alpukat banyak mengandung asam folat untuk perkambangan kecerdasan janin dalam rahim sang ibu.
Demikian beberapa pilihan buah yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil terutama pada trimester pertama. Buah-buahan tersebut selain mampu membantu kesehatan sang ibu yang sedang hamil, juga mampu menjaga kesehatan janin hingga masa kelahiran.

1 komentar: