Senin, 03 Agustus 2015

7 Tanda Awal Kehamilan Yang Perlu Diketahui


Mungkin banyak yang sudah mengetahui tanda awal kehamilan secara umum pada wanita, karena pada umumnya sebelum hamil, banyak wanita yang mencari tahu terlebih dahulu mengenai informasi ini. Secara umum gejala kehamilan pada minggu ke 1 adalah terlambat haid dan rasa mual pada wanita. Namun sebenarnya kedua hal tersebut bukanlah kepastian karena banyak juga yang mengalami kedua hal tersebut tapi tidak hamil. 
tanda awal kehamilan

Ada banyak aspek yang perlu dilihat sebagai tanda-tanda kehamilan, dan semakin banyak tanda-tanda kehamilan tersebut cocok, maka semakin akurat juga apakah wanita tersebut sedang hamil atau mengandung atau tidak. Jika kita melihat dari sisi medis, tanda kehamilan untuk minggu pertama adalah kapan terakhir kali anda mengalami menstruasi, bukan 1 minggu setelah pembuahan. Namun untuk memperjelas tentang tanda awal kehamilan tersebut, mari kita bahas tanda tersebut dalam bahasan yang mendetail sebagai berikut.
Tanda awal kehamilan secara non medis atau secara pengelihatan manusia biasa sebenarnya bisa dilakukan. Meskipun tidak seakurat dengan peralatan medis namun 90% kebenarannya bisa dijamin. Berikut adalah tanda awal kehamilan jika dilihat secara fisik.

Terjadi Pendarahan

Pada saat awal kehamilan, biasanya ada pendarahan atau bercak darah karena adanya implantasi atau sering disebut implantation bleeding. Pendarahan tersebut diakibatkan oleh proses implantasi calon janin ke dinding ramim. Pendarahan ini pada umumnya tampak seperti bercak kecil, dan pada umumnya jauh lebih sedikit dibandingkan dengan darah haid, sehingga ini sangat mudah dibedakan. Kejadian ini biasanya terjadi awal kehamilan atau kehamilan 1 minggu.

Mengalami Kram Perut

Pada awal minggu kehamilan sering mengalami tanda ini yaitu kram perut. Jika anda telah mengalami kram perut, maka anda wajib curiga apakah anda mengalami kehamilan. Kram tersebut akan sering dirasakan disebabkan proses implantasi janin ke dinding rahim. Selama proses implantasi tersebut, sang ibu akan terus merasa kram.

Payudara Akan Berubah

Perubahan ini sangat mudah diketahui yaitu dari perubahan yang terjadi pada payudara, sehingga sangat mudah mengetahuinya.  Selain itu wanita akan lebih sensitive jika tersentuh payudaranya bahkan oleh branya sendiri karena akan sedikit nyeri. Seiring dengan rasa nyeri tersebut, payudara akan terus membesar ukurannya.  Selain itu dada akan terasa lebih lembut dan empuk saat diraba. Selain itu rasa gatal akan sering dirasakan pada bagian payudara tersebut. Ini juga menjadi tanda awal kehamilan.

Terlambat Datang Bulan

Ini adalah tanda umum yang sering diketahui banyak orang. Sel telur yang telah menjadi zigot tidak akan lagi menjadi sel telur yang dikeluarkan oleh tubuh dalam bentuk darah haid, dan selama zigot itu berkembang, ovarium tidak akan lagi memproduksi sel telur baru selama kehamilan. Jadi ibu hamil tidak akan pernah mengalami haid lagi selama masa kehamilannya.

Merasa Mual Dan Muntah

Tanda awal kehamilan yang lain adalah wanita sering merasa mual dan kadang muntah. Rasa mual dan muntah ini bisa terjadi sepanjang hari, namun sangat sering terjadi di pagi hari yang sering disebut morning sickness. Jika anda sudah sering mengalami ini, kemungkinan besar anda telah hamil. Untuk mengatasinya cobalah konsumsi buah semangka karena dapat mengurangi derita morning sickness

Sering Buang Air Kecil

Ini akan sering anda alami ketika anda hamil muda. Hal ini disebabkan janin yang ada di dalam rahim akan membutuhkan ruangan yang lebih luas. Akibat dari kebutuhan ruang tersebut, rahim akan meluas dan membuat kandung kemih menjadi tertekan dan membuat sang ibu akan sering buang air kecil. Namun tanda ini bukan tanda yang mutlak. Bisa saja sering buang air kecil diakibatkan infeksi yang terjadi dalam saluran kencing.

Sangat Muda Sekali Merasa Lelah

Tanda yang terakhir ini akan sering dirasakan ibu hamil ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Sekalipun melakukan aktivitas yang kecil, ibu hamil akan cepat sekali merasa lelah. Jika anda memiliki riwayat takanan darah rendah kemungkinan anda bisa sering pingsan, karena rasa lelah yang luar biasa, sehingga ini harus sangat diperhatikan untuk ibu hamil.

9 komentar:

  1. artikel yang bagus mantap dan bermanfaat..

    BalasHapus
  2. nice info, recomended buat pasangan baru

    BalasHapus
  3. info bagus nih buat jaga2 nanti

    BalasHapus
  4. wau mantap ini jadi ilmu yang berguna bagi saya trims

    BalasHapus
  5. Info menarik nih bagi pasangan baru :D

    BalasHapus
  6. tanda-tanda orang hamil muda mirip banget sama hampir menstruasi ya, sakit di payudara sama cepet capek, hehehe

    BalasHapus
  7. payudara berubah....wah..kira2 gmna perubahannya yah??? hehehe

    BalasHapus
  8. nice info..buat jaga2 kalo punya istri

    BalasHapus
  9. ilmu untuk masa depan nih :v

    BalasHapus