Rabu, 29 Juli 2015

Khasiat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil


Mitos Buah Semangka Yang Salah

Apakah anda mengetahui bahwa ternyata semangka sangat bermanfaat untuh ibu hamil? Banyak orang mengatakan bahwa semangka sangat baik sekali untuk ibu hamil. Buah semangka ini banyak sekali dikonsumsi oleh ibu hamil.
Namun banyak mitos yang ada di Indonesia. Banyak sekali pantangan-pantangan mengenai hal-hal yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Kultur ini masih terasa sangat kuat saat ini, termasuk pantangan mengkonsumsi buah-buah tertentu.
( baca juga : 7 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh Manusia )
 
khasiat buah semangka untuk ibu hamil
Khasiat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil
Mitos tersebut belum tentu benar. Terkadang ada buah yang justru dilarang, justru kandungan yang ada dalam buah tersebut sangat penting dan bermanfaat untuk ibu hamil dan janin. Mitos tertentu ada yang melarang makan buah semangka untuk ibu hamil. Namun pada kenyataannya kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah semangka sangat baik untuk ibu hamil seperti zat besi, mineral, vitamin dan lain sebagainya.

Apa Manfaat Semangka Untuk Ibu Hamil

Sebenarnya buah semangkah adalah buah yang sangat sehat, lezat dan bergizi. Buah semangka sangat baik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh pada saat seseorang mengandung atau hamil, sebab pada saat hamil, ibu yang mengandung sangat banyak sekali membutuhkan asupan cairan dibandingkan wanita yang tidak mengandung.
Selain itu buah semangka memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, kalium dan magnesium yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Selain itu kandungan serat yang tedapat dalam buah semangka sanat baik dikonsumsi oleh wanita selama hamil. Berikut adalah penjelasan apa saja manfaat buah semangka untuk ibu yang sedang mangandung.

Buah Semangka Bermanfaat Untuk Pencernaan Ibu Hamil

Pada umumnya ibu hamil sering mengalami ketidaknyamanan dalam pencernaan dan sering mengalami panas dalam. Cairan yang ada buah semangka sangat baik untuk dikonsumsi untuk mengatasi masalah pencernaan tersebut.

Mengindarkan Ibu Hamil dari Pembengkakan Kaki

Apakah anda sering melihat pembengkanan pada kaki ibu hamil? Hal ini disebabkan pembuluh darah yang menyempit sehingga darah tidak lancar. Buah semangka yang memiliki kadar cairan tinggi membantu melancarkan pembulih darah sehingga ibu hamil terhindar dari pembengkakan pada kaki.

Jus Semangka Menghindarkan Ibu Hamil dari Morning Sickness

Pada usia kandungan 1 sampai 4 bulan, ibu hamil kadang menderita morning sickness seperti mual dan perut melilit di pagi hari. Hal ini biasa terjadi pada ibu hamil. Solusinya adalah dengan sering mengkonsumsi buah semangka dengan dimakan segar atau dibuat jus.

Melengkapi kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil

Dari beberapa manfaat di atas tentu ada manfaat utama dari mengkonsumsi semangka untuk ibu yang sedang mengandung. Semangka sangat bisa untuk melengkapi kebutuhan nutrisi untuk janin yang dikandung oleh sang ibu. Nutrisi yang ada pada semangka sangat baik untuk janin karena menandung berbagai nurtisi  yang dibutuhkan oleh ibu hamil seperti yang telah dipaparkan di atas. 

Buah semangka sangat baik dikonsumsi ketika buah tersebut masih dalam keadaan segar. Jika sudah terlalu lama terkena udara terbuka akan menyebabkan peningkatan kadar asam, dan jika dikonsumsi oleh ibu hamil akan menyebabkan rasa mual. Namun jika mengkonsumsi buah semangka tetap perlu diperhatikan keseimbangan cara mengkonsumsinya. TIdak mungkin ibu hamil dalam sehari hanya makan semangka. Nah perlu ada suplemen lain seperti susu untuk ibu mengandung serta berbagai makanan bergizi. Semoga artikel ini dapat mencerahkan dan bermanfaat untuk ibu hamil yang membacanya.

2 komentar:

  1. ternyata buah semangka ada manfaatnya juga ya, salah satunya untuk ibu hamil :). makasih infonya

    BalasHapus
  2. boleh tuh bagi tips dengan tante aku yang lagi hamil, tnks infonya yah

    BalasHapus