Kamis, 30 Juli 2015

12 Khasiat Buah Naga Bagi Tubuh Yang Harus Anda Ketahui


Sahabat Laras, pasti udah banyak yang tau apa itu buah naga? Di Indonesia penjualan buah naga mulai ramai. Salah satu manfaatnya adalah sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebenarnya buah naga itu ada beberapa 4 jenis. Namun yang diketahui orang hanya dua jenis yaitu buah naga merah dan buah naga putih. Pembagian warna tersebut adalah berdasarkan warna daging buah yang terlihat namun kulitnya bisa beda satu dengan yang lainnya. Mari kita lihat satu persatu empat jenis buah naga yang ada. 
khasiat dan manfaat buah naga
Khasiat dan Manfaat Buah Naga

  • Hylocereus costaricensis, buah naga jenis ini memiliki kulit yang sangat merah disertai dengan daging yang sangat merah. 
  • Selenicereus Megalanthus, buah naga jenis ini memiliki warna kulit agak kuning dan daging buah yang warna putih.
  • Hylocereus polyrhizus, Buah naga ini memiliki daging buah berwarna merah dan kulit buah warna pink.
  • Hylocereus undatus, buah naga jenis ini memiliki daging buah warna putih dan kulit berwarna merah.


Keempat jenis buah naga tersebut memiliki khasiat yang sama yaitu untuk mencegah dan mengurangi resiko penyakit diabetes, jantung dan lain-lain, karena buah ini mengandung banyak sekali Vitamin C, B1, asam folat, serat serta karoten. Untuk manfaat buah naga akan laras terangkan dalam pembasasan berikut.

Mencegah dan Mengurangi Resiko Kanker

Salah satu penyakit yang berbahaya adalah kanker. Jika sudah terkena penyakit ini jika masi stadium awal, penyakit ini bisa dengan mudah ditangani, namun jika sudah stadium lanjut, penyakit ini sukar dan mahal untuk diobati, oleh karena itu lebih baik kita melakukan pencegahan agar tidak terkena penyakit tersebut yaitu dengan mengkonsumsi buah naga. Buah naga terbukti memiliki anti oksidan yang sangat ampuh untuk mengurangi resiko kanker.

Mencegah Deabetes Melitus

Ternyata buah naga memiliki khasiat untuk mengurangi kadar gula dalam darah karena banyak mengandung vitamin B3. Sering-seringlah mengkonsumsi buah naga jika anda memiliki keturunan penyakit diabetes sehingga untuk resiko terkena penyakit diabetes semakin kecil.

Menurunkan Resiko Serangan Jantung

Penyakit jantung juga merupakan penyakit mematikan seperti kanker. Sehingga untuk mengantisipasinya adalah dengan mencegah penyakit tersebut adalah dengan mencegah dibandingkan mengobati. Menurut penelitian, ternyata khasiat buah ini sangat bermanfaat untuk menurunkan resiko serangan jantung.

Menguatkan Tulang

Jika anda sedang mencari asupan untuk tulang anda, buah naga merupakan alternative terbaik untuk untuk asupan kalsium anda. Dengan sering mengkonsumsi buah naga secara rutin akan membuat tulang anda menjadi kuat.  Menurut penelitian yang dilakukan oleh PBB kandungan fosfor dan kalsium pada buah naga sangatlah tinggi. Jika anda ingin mencegah osteoporosis sejak dini adalah dengan sering mengkonsumsi buah naga ini.

Sangat Baik Untuk Kesehatan Mata

Buah naga mengandung betakaroten yang sangat berguna untuk kesehatan mata. Jika anda bosan dalam mengkonsumsi wortel untuk kesehatan mata, maka sekarang anda bisa memilih buah naga sebagai alternative pengganti wolter. Dibandingkan dengan wortel tentu saja rasa buah naga lebih enak dibandingkan dengan rasa wortel. Dengan sering mengkonsumsi buah naga, maka mata anda akan terasa lebih sehat dan jernih.

Penunjang Diet

Buah naga sangat baik sekali untuk menunjang program diet anda. Cobalah untuk mengkonsumsi buah naga untuk asupan gizi anda sehari-hari. Menurut penelitian, buah naga sangat rendah kalori dan kaya akan kandungan serat. Jadi kalori dalam tubuh anda akan terkontrol dengan mengkonsumsi buah naga karena kandungan kalorinya yang sangat rendah. Dan jangan khawatir jika anda takut lapar karena buah ini sangat mengandung serat sehingga anda tidak akan mudah cepat lapar.

Mencegah Penuaan

Jika anda sangat ingin tampil awet muda, maka anda sebaiknya banyak makan buah naga. Awet muda adalah kenginginan setiap wanita agar tampak cantik. Namun sayangnya perawatan untuk menjadi dan mempertahankan kecantikan sangatlah mahal. Cobalah konsumsi buah naga secara teratur. Nutrisi yang dikandung oleh buah naga sangatlah baik untuk mengencangkan kulit dan mencegah jerawat.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jika anda gampang terserang penyakit dan mudah sakit, maka tandanya daya tahan tubuh anda kurang. Solusinya adalah dengan dengan rajin berolah raga dan istirahat yang cukup. Selain itu anda juga perlu asupan makanan yang memiliki gizi yang baik.  Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah naga. Telah terbukti buah naga memiliki kandungan protein, vitamin C dan potassium yang mampu menangkal penyakit yang datang. Di masa pancaroba, anda sebaiknya banyak mengkonsumsi buah naga agar tidak gampang terserang penyakit.

Membantu Masalah Pencernaan

Jika anda memiliki masalah pencernaan, sebaiknya banyak-banyaklah mengkonsumsi buah naga. Buah naga sangat kaya akan kandungan vitamin B1 dan serat larut yang sangat baik untuk membantu memperlancar proses pencernaan.  Jika anda senang membuat jus, maka ini sangat baik karena kandungan buah naga membuat makanan anda gampang dicerna dan membantu melarutkan penyumbatan pada usus.

Menguatkan Gigi

Jika anda termasuk orang yang sering punya masalah pada gigi, maka sering-seringlah mengkonsumsi buah naga.  Jus buah naga adalah pilihan cara terbaik untuk mengkonsumsi buah naga, karena buah naga memiliki manfaat untuk gigi karena kandungan fosfornya dan kalsium yang sangat tinggi.

Ternyata Buah Naga dapat Mengkonsumsi Kandungan Boraks dan Formalin

Di Indonesia sangat banyak sekali kasus makanan yang mengandung boraks dan formalin. Terkadang pedagang makanan yang tidak bertanggung jawab, mencampurkan bahan berbahaya ini ke dalam makanan agar jika makanan yang dijualnya tidak habis, maka makanannya tidak rusak atau basi sehingga tidak merugi.  Namun anda bisa menguji kandungan bahan berbahaya tersebut dengan menggunakan ekstrak buah naga dan air. Jika anda mencurigai satu makanan terdapat boraks atau formalin seperti pada tahu, maka cobalah merendam tahu tersebut dengan ekstrak buah naga dan air selama 15 menit. Kemudian masukan tisu dalam rendaman air tersebut, jika terdapat kandungan bahan berbahaya tersebut, maka tisu akan menjadi merah. Namun jika tetap putih, maka makanan tersebut tidak mengandung bahan berbahaya tersebut.

Buah Naga Sangat Baik Untuk Ibu Hamil

Buah naga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena buah naga memiliki kandungan karoten, asam folat, serat serta kandungan lain yang sangat dibutuhkan oleh ibu dan juga perkembangan janin. Di samping mudah didapatkan, harga buah naga juga sangat murah. Jadi jika anda adalah wanita yang sedang mengandung, maka rutinlah mengkonsumsi buah naga untuk kesahatan anda dan janin anda.  
Demikian khasiat dan manfaat buah naga semoga tidak hanya dibaca, namun juga diterapkan agar hasilnya bisa dirasakan oleh tubuh anda. :D

8 komentar: