Kamis, 13 Agustus 2015

6 Jenis Makanan Ibu Hamil Untuk Kecerdasan Anak

6 Jenis Makanan Ibu Hamil Untuk Kecerdasan Anak- Halo sahabat laras.. Apakah anda adalah seorang ibu hamil yang menginginkan anaknya menjadi cerdas semenjak dalam kandungan? Jika iya makanan yang harus anda konsumsi adalah makanan yang mengandung protein AA-DHA, asam lemak omega 3 6 9 dan asam amino. Nutrisi tersebut memiliki peran yang sangat penting untuk perkembangan otak sang janin yang masih berada di dalam kandungan. Perlu anda ketahui, kecerdasan perkembangan anak dimulai sejak anak berada di dalam kandungan. Tentu saja ada faktr penentu kecerdasan anak diantaranya pola hidup sehat orang tuanya, gen atau keturunan serta nutrisi yang diberikan sejak sang ibu mengandung. Semakin lengkap kebutuhan nutrisi untuk anak tersebut terpenuhi, maka semakin maksimal perkambangan otak janin. 
Makanan Ibu Hamil Untuk Kecerdasan Anak
Makanan Ibu Hamil Untuk Kecerdasan Anak

Seperti yang diketahui kalau salah satu factor penentu kecerdasan janin adalah pada terlengkapi atau tidaknya nutrisi janin tersebut seperti AA – DHA, Asam lemak omega 3 6 dan 9, vitamin E dan juga vitamin B serta zat lain yang sangat dibutuhkan. Berikut adalah beberapa makanan yang mengandung nutrisi-nutrisi tersebut.

Kacang Tanah

Kacang tanah sangat disarankan untuk ibu yang saedang mengandung, namun khusus untuk ibu yang tidak alergi terhadap kacang tersebut. Namun jika alergi sebaiknya dihindari. Kacang tanah ini mengandung banyak sekali protein dan juga asam folat yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Di awal kehamilan, dengan mengkonsumsi kacang tanah, maka anakan menghindarkan sang bayi dari cacat otak pada anak atau cacat tulang belakang. Namun demikian, jumlah kacang tanah yang dikonsumsi juga harus tetap dijaga. Setiap porsi yang dikonsumsi adalah sekitar 2 sendok makan kacang tanah yang kulitnya telah dikupas.

Ikan Salmon

Ikan salmon mungkin sesuatu yang langka di Indonesia. Namun jika anda tinggal di perkotaan, mungkin anda bisa dengan mudah menemukannya di restoran-restoran besar. Ikan ini bergizi tinggi karena mengandung asam lemak esensial seperti omega 3 serta AA dan DHA dan juga protein. Kandungan nutrisi tersebut sangat bermanfaat dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan tersebut bermanfaat untuk perkembangan otak sang janin. Namun cara mengkonsumsinya harus diperhatikan. Hindari mengkonsumsi ikan ini dalam keadaan mentah, karena takutnya ikannya terkontaminasi bakteri yang berbahaya.

Masakan Daging Sapi

Salah satu makanan yang sangat lezat dan sangat dianjurkan untuk ibu hamil adalah daging sapi yang sudah dimasak. Masakan daging sapi sangat mengandung zat besi dan protein yang baik untuk membuat anak menjadi cerdas. Selain itu protein yang dikandung dalam daging sapi sangat baik untuk perkebangan otot, enzim, tulang dan juga imunitas janin di dalam kandungan. Selain bermanfaat untuk sang bayi, ternyata masakan daging sapi juga membantu sang ibu agar terhidar dari anemia dan menghindarkan sang ibu dari kelahiran yang prematur. Sebaiknya sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi daging sapi 35 gram tanpa lemak secara teratur.

Telur

Jika anda ingin bayi anda cerdas sejak dalam kandungan, telur merupakan makanan yang sangat dianjurkan. Makanan ini sangat banyak mengandung protein dan lemak yang mengandung vitamin juga mineral. Jadi ini sangat direkomendasikan untuk ibu hamil. Janin yang selnya sedang berkembang sangat membutuhkan asupan protein untuk tetap bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Telur juga mengandung kolin dan asam lemak serta omega 3 yang baik untuk otak dan panca indra pengelihatan sang bayi.

Sereal

Sereal adalah salah satu makanan lezat yang sangat disaranakan untuk ibu hamil, karena terdapat zat yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Kandungan karbohidrat, serat dan asam folat yang dikandung dalam sereal menghindarkan sang ibu dari resiko melahirkan bayi dalam keadaan cacat. Selain itu sereal juga mengandung serat sehingga membantu proses pencernaan sang ibu. Asam folat yang dikandung dalam sereal juga membantu perkembangan janin.

Daging Ayam

Makanan lain yang juga mengandung protein yang sangat tinggi adalah daging ayam. Kandungan proteinnya membantu perkambangan otot sang bayi dengan baik. Selain itu Vitamin B yang dikandung oleh daging ayam sangat baik untuk memperlancar proses metabolism tubuh. Selain itu daging ayam rendah lemak dan kolestrol sehingga proteinnya sangat baik untuk dikonsumsi.

3 komentar:

  1. kalau boleh tau sampai umur kehamilan berapa bulan?
    konsumsi makanan seperti diatas itu mba?

    BalasHapus
  2. tidak ada batasan umur kandungan untuk makanan tersebut.. :)

    BalasHapus
  3. Dagingnya lagi mahal,,, boleh gak usah dagingnya gek hihihihiii

    BalasHapus