Kamis, 06 Agustus 2015

5 Cara Menghitung Usia Kehamilan dalam Minggu

Halo sahabat laras? Sedang cari tau tentang cara menghitung usia kehamilan? Kalau iya, ayo mari kita bahas satu persatu. Sebenarnya terdapat berbagai macam cara untuk menghitung usia kehamilan. Anda bisa mengitungnya secara manual dengan rumus yang telah ditetapkan, dengan memperkirakan, atau dengan technology gadget yang telah maju, anda sudah bisa menghitungnya dengan software app android yang mudah di dapatkan melalui gadget anda. Sangatlah penting mengetahui usia kehamilan dalam minggu agat anda bisa memberikan dan memperkirakan yang terbaik untuk calon bayi yang akan lahir. Contohnya makanan apa yang cocok untuk trimester pertama kehamilan atau anda bisa menghindari pantangan-pantangan tertentu disaat umur kehamilan tertentu.
Selain itu dengan menghitung usia kehamilan maka anda akan dapat memperkirakan kapan sang calon bayi akan lahir, sehingga dapat dipersiapkan baik mental sang ibu maupun sang pendamping yang selalu mendampingi sang ibu untuk melahirkan. Oleh karena itu mari kita langsung saja membahas cara menghitung usia kehamilan dalam minggu.

Menghitung Usia Kehamilan Dengan Manual

Usia kehamilan pada wanita  normal adalah sekitar 40 minggu atau sekitar 280 hari dan perhitungannya dimulai dari hari pertama haid terakhir. Hari pertama haid terakhir biasa disingkat dengan HPHT. Pada umumnya dokter juga lebih sering menggunakan hitungan minggu ketimbang hitungan menggunakan bulan. Alasannya adalah dengan menggunakan hitungan minggu, maka perhitungan dan perkiraan akan lebih akurat. Nah untuk menghitungnya cara yang dilakukan adalah dengan hitungan kalender.
Cara ini adalah cara yang paling klasik dan sering dilakukan dari zaman dahulu. Namun untuk bisa menghitung dengan cara ini anda harus mengetahui siklus haid anda terlebih dahulu. Anda harus tau dulu mengenai HPHT anda dalam rumus penanggalannya. HPHT akan digunakan dalam rumus yang dikenal dengan Naegele

Cara menghitungnya adalah sebagai berikut.

HPHT ditambah dengan 7, bulan haid – 3, dan pada tahun ditambah dengan angka 1. Ini adalah rumus yang sangat sederhana. Namun rumus ini banyak digunakan hanya untuk wanita yang memiliki siklus haid teratur yaitu setiap 28 atau 30 hari.  

Penerapan Rumus

Rumus ini juga bisa diperkirakan untuk memperkirakan tanggal kelahiran sang anak.
·         Hari kelahiran anak = HPHT – 7, bulan HPHT – 3, tahun +1
Namun ada bulan-bulan yang tidak bisa dikurangi dengan 3 yaitu januari – maret.
Maka rumusnya adalah:
·         Hari Kelahiran anak = HPHT – 7 , Bulan + 9 , tahun (tetap)

Contoh
  • ·         HPHT adalah 18 Agustus 2015
  • ·         Maka perhitungannya adalah:
  • ·         Hari kelahiran anak = 18-7 , Agustus (8)-3 , 2015+1
  • ·         Hari Kelahiran anak = 11 Mei 2016

Sistem Fundus Uteri

System selanjutnya ini disebut system fendus uteri  atau puncak rahim. Cara ini adalah dengan meraba bagian yang terasa menonjol pada bagian perut. Menghitungnya, caranya adalah dari tulang kemaluan. JIka diperkirakan jarak antar tulang kemaluan dengan puncak rahim atau fundus uteri adalah sekitar 28 cm, maka perkiraan usia kehamilan adalah 28 minggu. Kemudian untuk usia kehamilan 35 maka jaraknya akan ikut bertambah menjadi 35 cm. Untuk berat badan yang termasuk normal, anda bisa menghitungnya dengan meletakkan dua jari dari tulang kemaluan sampai fundus uteri. Setiap kelipatan dua jari, menandakan kelipatan dua jari kehamilan anda.

Dengan Deteksi Gerakan Janin

Selain dua cara di atas, ada cara lagi yang bisa dengan mudah dilakukan namun keakuratannya susah dipastikan. Anda bisa mengetahui usia kehamilan dengan cara merasakan gerakan janin di perut. Jika sudah ada gerakan dari janin, maka kehamilan diperkirakan memasuki usia antara 18 sampai 20 minggu. Namun perhitungan 18 – 20 minggu itu untuk anda yang baru pertama kali mengalami kehamilan. Namun juga sebelumnya sudah pernah hamil, maka usia kehamilan adalah sekitar 16 – 18 minggu.

Perhitungan Dengan Kalkulator Masa Subur

Cara yang berikutnya adalah dengan menggunakan  kalkulator masa subur. Dengan cara ini bisa anda lakukan sekalipun anda lupa HPHT. Cara ini adalah cara khusus untuk menghung usia kehamilan anda. Cara ini bisa dikatakan cara yang cukup modern dibandingnya dengan cara-cara sebelumnya. Kalkulator masa subur biasanya adlaah sebuah aplikasi. Anda tinggal menggerakan mouse, memutar lingkaran sesuai dengan kondisi kehamilan saat itu. Dengan cara ini anda bisa mengenali usia kehamilan saat itu. Anda juga mendapatkan informasi mengenai usia kehamilan, kondisi janin sekaligus perkiraan tanggal lahir anak anda. Namun yang perlu anda ingat, kalkulator ini fungsinya adalah memberikan gambaran umum saja. Namun untuk lebih detailnya anda bisa menggunakan cara menghtung kehamilan secara manual

Cara Menghitung Usia Kehamilan secara Medis Dengan Teknologi Modern

Metode selanjutnya yang cukup modern, dan banyak digunakan oleh dunia medis serta memiliki keakuratan 95% adalah dengan menggunakan metode USG atau Ultrasonografi. Syarat menggunakan alat ini adalah usia kandungan anda sekitar 4-6 minggu. Untuk USG sendiri ada dua jenis yaitu USG transvaginal dan juga USG transabdominal. Untuk yang transvaginal adalah pemeriksaan yang dilakukan melalui jalur lahir sedangkan untuk transabdominal adalah melalui dinding perut.

0 komentar:

Posting Komentar