Jumat, 24 Juli 2015

Zat-zat Berbahaya Yang Terdapat Dalam Rokok – Waspada Merokok


Pasti sering melihat peringatan “dilarang merokok”. Anda bisa menjumpai tulisan itu di berbagai tempat entah di mal, bandara apa lagi masjid. Larangan tersebut bukan tanpa alasan jika melihat dampak yang ditimbulkan akibat asap rokok untuk tubuh para perokok sendiri ataupun orang yang berada di sekitar perokok.
Salah satu penyebab utama yang akan ditimbulkan oleh pengonsumsi rokok adalah penyakit jantung. Menurut hasil survey 20% kematian yang diakibatkan oleh penyakit jantung adalah karena kebiasaan merokok. Banyak yang nggak tau kalau banyak sekali efek negatif dari rokok dan kenapa sangat bahaya sekali? 

Apakah anda tidak mengetahui kandungan yang terdapat dalam sebatang rokok? Terdapat lebih dari 4000 bahan kima terdapat di dalam rokok. Dan sekitar 70 bahan tersebut adlaah penyebab kangker. Sebagaian bahan yang terdapat dalam rokok tersebut antara lain:

  • CO atau lebih dikenal dengan karbon monoksida. Zat ini adalah zat yang sering ditemui pada knalpot kendaraan bermotor. Zat terbentuk akibat reaksi pembakaran yang tidak sempurna. Zat ini sangat berbahaya bagi tubuh anda karena dia akan mengikat diri dalam hemoglobin dalam darah dan oksigen tidak dapat masuk ke dalam tubuh anda karena terhalang oleh zat ini. Akibatnya anda akan cepat lelah. Jika pada konsentrasi CO tinggi maka akan menyebabkan kematian. Bahayanya zat ini tidak dapat dideteksi oleh penciuman atau warna oleh manusia.
  • TAR. Tar adalah salah satu bahan yang terkandung dalam rokok. Ketika para perokok menghisap rokok, zat ini akan ikut mengendap di dalam paru-paru. Ini akan sangat berbahaya karena berdanpak negative bagi kinerja rambut kecil yang menjadi lapisan paru-paru. Tugas rambut tersebut adalah membersihkan zat asing serta kuman ke luar paru-paru.
  • Benzine juga zat yang terdapat pada rokok. Pada umumnya zat ini itambahkan dalam bahan bakar minyak. Jika masuk ke tubuh melalui asap rokok dapat merusak tingkat genetik. Banyak yang mengaitkan zat ini dengan berbagai jenis kanker seperti leukemia dan ginjal.
  • Gas Oksidan. Zat ini jika masuk ke tubuh dapat menyebabkan resiko stroke dan serangan jantung karena zat ini mengakibatkan penggumpalan darah. Gas ini bisa bereaksi dengan oksigen.

Selain zat-zat di atas masih banyak zat lain yang menjadi racun bagi tubuh anda jika dikonsumsi antara lain:

  • Toluene. Zat ini banyak ditemukan pada pengecer cat. Bayangkan zat yang bisa dipakai untuk campuran cat eceran masuk ke tubuh anda
  • Arsenic. Zat ini biasa terdapat pada pestisida. Sangat berbahaya bagi kesuburan reproduksi bagi anda yang hamil. Selain itu konsumsi dalam jangka waktu terus menerus dapat menimbulkan cacat secara genetic bagi keturunan.
  • Hydrogen Cyanide. Zat ini biasanya digunakan dalam industry senjata bahan kimia
  • Formaldehyde atau lebih dikenal dengan formalin adalah zat yang sering digunakan untuk mengawetkan mayat.
  • Cadmium yaitu zat yang sering ditemui untuk membuat batrai.

Itulah zat-zat berbahaya yang terdapat dalam sebuah rokok. Bayangkan jika anda mengkonsumsinya secara terus-menerus, maka secara otomatis zat tersebut akan terus menerus masuk ke dalam tubuh anda. Untuk itu jika anda mulai menyentuh rokok, maka mulai jauhilah dan bagi anda yang sudah kecanduan rokok, maka sebaiknya pelan-pelan dikurangi karena dampaknya sangat tidak baik untuk tubuh anda.

2 komentar:

  1. wihh ngeri juga ya sob ane kan perokok juga masalahnya takutttt

    BalasHapus