Senin, 27 Juli 2015

Bahaya Konsumsi Antibiotik Berlebih Bagi Anak-Anak


Apakah anda tidak menyadari kalau anak-anak memang sering mengalami dan mudah terkena infeksi? Banyak orang berfikir, solusinya adalah langsung dengan memberikan antibiotik dibandingkan dengan obat lainnya. Namun banyak orang tidak menyadari bahwa infeksi ada  yang disebabkan oleh bakteri dan ada yang disebabkan oleh virus. Infeksi yang bisa diobati dengan antibiotik adalah infeksi yang diakibatkan oleh bakteri. Nah jika kita tidak paham tentulah jika infeksinya tidak sembuh juga kita bisa saja memberikan terus antibiotiknya pada anak, padahal belum tentu itu adalah solusinya. Nah ini lah sebenarnya yang harus diwaspadai. Apakah anda mengetahui ternyata konsumsi antibiotic secara tidak proporsional akan membahayakan kesehatan anak?Berikut adalah efek samping dari antibiotik yang dilansir dari boldsky.com
bahaya antibiotik untuk anak-anak

Anak bisa mengalami Overdosis

Hatilah jika menerima resep dari dokter agar konsumsi antibiotic tidak melebihi dari dosis yang diberikan oleh dokter tersebut.Masing-masing antibiotic akan memiliki takaran sendiri tergantung untuk apa dan siapa yang mengkonsumsinya. Overdosis akan menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Kebal / Resisten terhadap Obat

Setiap antibiotic yang diberikan pasti memiliki aturan pakai dan jangka waktu pemakaian. Resep khusus yang diberikan dokter harus anda ikuti dengan benar. Jika jangka yang diberikan adalah 6 hari, maka anda tidak boleh berhenti sebelum 6 hari bahkan ketika anak anda sudah kelihatan membaik. Hal ini disebabkan bakteri yang belum mati karena kurangnya antibiotic yang dikonsumsi akan membuat bakteri tersebut resisten sehingga dibutuhkan takaran antibiotic yang lebih untuk membunuh bakteri tersebut.

Bakteri Baik dalam Tubuh Ikut Mati

Ketika mengkonsumsi antibiotic secara berlebih maka tidak hanya bakteri yang berbahaya yang mati namun juga bakteri yang baik seperti bakteri yang membantu pencernaan juga ikut mati. Bakteri baik yang ada di usus normal sangatlah pentung untuk kesehatan dan fungsi tubuh manusia. Oleh karena itu berhati-hatilah terhadap konsumsi antibiotic untuk anak anda.

Mengalami Diare

Pada umumnya anak-anak yang mengkonsumsi antibiotic akan mengalami diare. Hal ini disebabkan oleh bakteri baik yang membantu pencernaan dalam usus ikut mati akibat antibiotic yang belebih. Solusinya adalah suplemen vitamin yang dikonsumsi bersama antibiotic untuk mencegah terjadinya hal tersebut.

Mengalami Alergi

Alergi adalah salah satu efek samping antibiotic pada anak-anak seperti ketika mengkonsumsi penisilin. Jika terjadi sering alergi pada anak anda setelah mengkonsumsi antibiotic maka sebaiknya diinformasikan pada dokter anda.

Radang Usus

Antibiotik juga dapat menyebabkan peradangan usus saat terlalu banyak atau terlalu sering mengkonsumsi antibiotic. 

Yang perlu diingat adalah konsumsi antibiotic untuk anak anda harus sesuai yang dianjurkan dokter. Jika berlebihan maka akan muncul berbagai masalah kesehatan seperti di atas.

0 komentar:

Posting Komentar