Selasa, 04 Agustus 2015

6 Makanan Yang Dianjurkan Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

makanan sehat untuk ibu hamil trimester pertama
makanan sehat untuk ibu hamil trimester pertama
Tentu jika wanita hamil itu adalah anugerah tesendiri bagi sang ibu tersebut, karena Yang Maha Kuasa telah memberikan amanah yang baik pada wanita tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut, pada saat ibu hamil tentu saja bayi di dalam kandungan harus dijaga dan dirawat agar perkembangannya optimal. Kebutuhan ibu hamil dan janin yang dikandungnya di trimester pertama tentu akan berbeda dengan trimester selanjutnya. Ada makanan-makanan tertentu yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil di trimester pertama, karena jika asupan nutrisi ibu dan janin tercukupi, maka tentu saat pada saat melahirkan ibu dan akan akan sehat. 

Pada saat wanita mengandung, maka tentu saja sang ibu harus menjaga dua nyawa, oleh karenanya usia kehamian trimester pertama memang cukup beresiko dan rentan mengaami gangguan kesehatan. Untuk itu pola makan ibu hamil harus dijaga untuk kesehatan sang ibu sendiri dan juga kesehatan janin. Namun banyak yang belum mengetahui jenis-jenis makanan yang harus dikonsumsi pada trimester pertama ini.

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Pada trimester pertama biasanya ibu hamil banyak mengalami gejala fisik seperti kaki bengkak, mual, muntah, pusing dan lain sebagainya. Namun banyak cara untuk mengatasi hal tersebut mulai mengkonsumsi berbagai makanan sehat yang pada umumnya sangat disarankan untuk wanita hamil berikut adalah makanan yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil trimester pertama.

Konsumsilah Sayur-sayuran

Pada umumnya kelukan yang dialami oleh ibu hamil di trimester pertama adalah gejala mual dan muntah atau yang sering disebut morning sickness. Keluhan ini ternyata bisa dikonsumsi dengan banyak mengkonsumsi sayuran berdaun hijau. Kandungan zat besi di dalam sayuran tersebut mampu menghilangkan rasa mual, selain itu juga dapat meningkatkan hemoglobin yang ada dalam darah. Menurut penelitian ternyata sayuran hijau mengandung nutrisi-nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh janin.

Buah-buahan

Ternyata buah-buahan juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil terutama buah dengan nutrisi yang tinggi. Sebut saja buah pisang sangat bermanfaat untuk ibu hamil dan bermanfaat juga untuk janin.
Buah pisang mengandung asam folat yang sangat membantu perkembangan sel otak bayi. Selain itu buah-buah yang banyak mengandung serat juga sangat dianjurkan pada saat kehamilan.

Konsumsilah Produk Olahan Susu

Produk olahan susu sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, terutama pada saat trimester pertama. Produk olahan susu sangat banyak sekali mengandung protein yang sangat dibutuhkan oleh ibu yang sedang mengandung, sehingga untuk asupan protein untuk ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi produk olahan susu. Protein ini sangatlah penting untuk pertumbuhan sel bayi dalam kandungan. Contoh produk olahan susu antara lain keju. Keju juga ternyata membuat tulang janin menjadi lebih baik.

Konsumsi Makanan Laut atau Seafood

Makanan laut atau sering dikenal dngan seafood sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil pada saat trimester pertama. Ternyata makanan laut banyak mengandung protein dan omega 3 yang sangat bermanfaat untuk perkembangan otak janin, terutama pada saat kehamilan muda. Beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi pada saat kehamilan muda antara lain cumi, udang, ikan, dan juga rumput laut.

Konsumsi Sereal

Pada saat bulan pertama kehamiln, makanan yang sangat baik dikonsumsi adalah sereal. Sereal sangat baik dikonsumsi setiap hari selama kehamilan muda, karena sereal mengandug nutrisi yang sangat penting yang sangat dibutuhkan oleh janin dan ibu seperti vitamin B, kalsium dan juga karbohidrat. Sehingga sereal merupakan makanan yang cukup baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Air Kelapa

Banyak yang mengatakan kalau air kelapa sangat baik untuk ibu hamil karena kandungannya dipercaya sangat baik untuk janin dan sang ibu. Namun hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa air kelapa sangat baik untuk ibu hamil. Air kelapa yang mengandung elektrolit alami dipercaya mengandung banyak mineral yang berfingsi untuk kekuatan stamina sang ibu. Selain itu ibu hamil yang mengkonsumsi air kelapa, dipercaya kulit anaknya akan menjadi bersih.

1 komentar:

  1. Makasih ilmunya.. wat persiapan nanti kalo istri udah hamil... tapi istri aja belum ada hehehehe

    BalasHapus